PENGARUH TINGKAT BUNGA (Interest Rate) TERHADAP PERTUMBUHAN
PENJUALAN (Net Sales Growth) MOTOR
MERK
YAMAHA VIXION PADA CV THAMRIN
BROTHERS CABANG CURUP
Paddery1 Feri2
Inez Ramadani3
Politeknik
Raflesia paddery@gmail.com feri@gmail.com inezramadani@gmail.com
Abstract– The
purpose of this study was to determine the effect of interest rate on sales
growth (Net Sales Growth) of Yamaha Vixion Brand Motorcycle at CV Thamrin Brothers, Curup Branch. The
analysis used in this study was quantitative analysis method and qualitative
analysis. The estimation in regression analysis shows that there is a negative
influence between the Interest Rate on Sales
Growth (Net Sales
Growth) for Yamaha
Vixion Brand Motorcycles at CV Thamrin
Brothers, Curup Branch,
meaning that if
the interest rate increases it will be followed
by a decrease in sales volume
growth. The results
of hypothesis testing
indicate that there is a significant influence between the Interest Rate on Net
Sales Growth for Yamaha Vixion Brand Motorcycles at CV Thamrin Brothers, Curup
Branch, this is indicated by the t-count value which is greater than t-table and
the hypothesis research is acceptable.
Keywords: Interest
Rate, Sales
1.
PENDAHULUAN
Persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini menuntut setiap
perusahaan untuk selalu bersaing dalam
menarik konsumen. Para pengusaha sebagai
produsen harus saling berlomba untuk mencari
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih
suatu produk dan menyusun strategi
pemasaran yang tepat sehingga dapat mendominasi pasar yang ada. Salah
satu tujuan kegiatan pemasaran adalah berusaha mempengaruhi konsumen agar
membeli produk yang ditawarkan, artinya pemahaman terhadap perilaku
konsumen merupakan salah satu faktor
yang diperlukan untuk menyusun
strategi pemasaran. Keberhasilan pemasaran ditentukan oleh bagaimana pemasar
memahami keadaan pasar dan merumuskan strategi pemasaran yang harus ditetapkan.
Strategi disini berupa
strategi optimal dari unsur-unsur bauran
pemasaran (marketing mix) yaitu produk, harga,
promosi, dan di distribusi. Salah satu komponen dari bauran pemasaran yang
digunakan adalah promosi, dimana salah satu tujuan dari bauran pemasaran yang
digunakan adalah promosi, dimana salah satu tujuan promosi adalah untuk
menjembatani komunikasi antara produsen dan konsumen, diantaranya mengenai
permintaan dan penawaran (Swasta. 2001:48).
Promosi adalah sarana pemikat konsumen dalam melakukan
kegiatan pembelian produk diharapkan dapat mendorong permintaan konsumen.
Menurut Kotler (2009 : 648) bahwa salah satu alat utama adalah bauran promosi
yaitu advertising, personal selling,
publicity dan sales promotion. Advertising (periklanan)
merupakan salah satu alat promosi yang digunakan perusahaan untuk mengarahkan
komunikasi persuasif pada konsumen potensial dan masyarakat. Iklan harus
dirancang dengan baik untuk memenuhi fungsi utamanya, yaitu penyampaian
informasi dan mempengaruhi sifat audiens sasaran, suatu pesan iklan dianggap
efektif jika dapat menarik perhatian, mempertahankan ketertarikan,
membangkitkan dan menggerakkan tindakan.
Kepemilikan kendaraan bermotor saat ini sudah menjadi kebutuhan
masyarakat untuk membuat efisiensi dalam pembelanjaan mereka. Kenaikan harga
bahan bakar minyak (BBM) setiap saat
membuat biaya transportasi juga semakin meningkat. Semakin meningkatya biaya
transportasi menyebabkan harga-harga kebutuhan lainnya juga meningkat. Salah
satu cara untuk dapat menekan biaya transportasi adalah dengan memiliki
kendaran sendiri terutama kendaraan bermotor. Namun kepemilikan kendaraan
bermotor tidaklah mudah, mengingat harga kendaraan yang tinggi. Oleh karena itu
kehadiran lembaga keuangan bank maupun non
bank dapat membantu
mengatasi masalah
tersebut.Banyaknya kehadiran lembaga keuangan pada setiap Dealer sepeda motor
yang menawarkan pembelian secara kredit untuk kendaraan bermotor membuat
konsumen menjadi sulit untuk menentukan pilihan.. Persaingan diantara lembaga
keuangan tersebut semakin ketat dengan menawarkan berbagai program promosi yang
menawarkan pembelian secara kredit dengan tingkat bunga tertentu, yang tentu
saja juga semakin memanjakan konsumen dengan fasilitas yang diberikan oleh
lembaga tersebut yang pada akhirnya menciptakan penjualan yang bervariasi pada
setiap Dealer penjualan kendaraan bermotor.
Salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang Dealer sepeda motor khususnya penjualan motor
merek Yamaha adalah CV. Thamrin Brothers Cabang Curup. Aktivitas
pada CV. Thamrin Brothers Cabang Curup meliputi pemasaran, penjualan, service
dan pembiayaan sepeda motor khususnya sepeda
motor merek Yamaha
dan salah satu pruduk
unggulan dan sangat diminati oleh konsumen khususnya untuk wilayah Kota Curup
dan Kabupaten Rejang Lebong pada umumnya adalah sepeda motor merek Yamaha Vixion.
Ketatnya
persaingan pada motor sejenis dengan merek lain yang mempunyai kualitas dan
harga yang tidak jauh berbeda
menuntut penerapan berbagai
strategi dalam menerik
minat konsumen. Salah satu strategi dalam meningkatkan jumlah konsumen
maka CV. Thamrin Brothers Cabang Curup melakukan strategi khususnya pada
penjualan kredit dengan cara memberikan pilihan bunga terhadap pembelian sepeda motor, khusus
untuk sepeda motor Jenis Yamaha Vixion melalui
berbagai perusahaan pembiayaan ((leasing) yang
terdapat di Kota Curup
Kabupaten Rejang Lebong seperti Summit
Oto Finance, Wom Finace,Bussan Auto Finance dan perusahaan pembiayaan
sepeda motor lainnya. Berikut data Penjualan Yamaha Vixion pada CV. Thamrin Brothers Cabang Curup dari
Bulan Maret 2021 sampai dengan Bulan Desember 2021 :
Tabel 1.1. CV. Thamrin
Brothers Cabang Curup Data Penjualan Motor Vixion Bulan
Maret 2019 – Desember 2019
Bulan |
Penjualan
(Rp) |
Kenaikan/Penurunan
(%) |
Maret |
1,298,190,000 |
|
April |
1,947,830,000 |
33.4 |
Mei |
1,421,360,000 |
-37.0 |
Juni |
2,133,130,000 |
33.4 |
Juli |
1,628,460,000 |
-31.0 |
Agustus |
2,443,780,000 |
33.4 |
September |
1,855,180,000 |
-31.7 |
Oktober |
2,783,860,000 |
33.4 |
November |
2,185,450,000 |
-27.4 |
Desember |
3,278,720,000 |
33.3 |
Sumber : CV. Thamrin Brothers
Cabang Curup Tahun 2021
Berdasarkan
data pada tabel di atas terllihat bahwa selama Bulan Maret sampai dengan Bulan
Desember Tahun 2019, terlihat bahwa tingkat penjualan mengalami fluktuasi atau
kenaikan dan penurunan, salah satu penyebabnya adalah tingkat bunga kredit yang
diterapkan oleh perusahaan, disamping faktor lain seperti faktor
musiman, harga dan produk
subtitusi.
2.
METODE
Penelitian ini
menggunakan metode penelitian survey. Jenis data yang akan terkumpul dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data ordinal.
Sejalan dengan tujuan penelitin
ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh advertisting terhadap penjualan motor
Honda secara kredit pada PT. FIF POS Curup serta tanggapan konsumen
terhadap advertisting yang telah
dilakukan oleh PT. FIF POS Curup, dengan bantuan statistic untuk mengolah data
yang terkumpul. Data hasil tabulasi ditearpkan pada pendekatan penelitian yang
digunakan sesuai dengan tujuan peneliti. Adapun alat analisis yang digunakan
adalah software for windows SPSS 16.
Dengan memperhatikan karakteristik variabel yang akan diuji, maka uji
statistik yang digunakan melalui perhitungan analisis regresi untuk kedua
variabel tersebut. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui jenis hubungan
antar variabel-variabel yang dilteliti sedangkan analisis korelasi digunakan
untuk mengetahui derajat hubungan antar variabel yang diteliti (Sugiono,
2006:149).
3. HASIL DAN
PEMBAHASAN
Tabel 4.1
Regresi Sederhana
n |
JML PELANGGAN AKTIF (X) |
PENJUALAN (Y) |
Nilai Residual (e) |
X2 |
XY |
Y2 |
1 |
468 |
1191 |
(733) |
219,024 |
557,388 |
1,418,481 |
2 |
872 |
1787 |
(137) |
760,384 |
1,558,264 |
3,193,369 |
3 |
582 |
1304 |
(620) |
338,724 |
758,928 |
1,700,416 |
4 |
872 |
1957 |
33 |
760,384 |
1,706,504 |
3,826,849 |
5 |
772 |
1494 |
(430) |
595,984 |
1,153,368 |
2,232,036 |
6 |
1157 |
2242 |
318 |
1,338,649 |
2,593,994 |
5,026,564 |
7 |
980 |
1702 |
(222) |
980,400 |
1,667,960 |
2,896,804 |
8 |
1469 |
2554 |
630 |
2,157,524 |
3,751,826 |
6,522,916 |
9 |
1282 |
2005 |
81 |
1,643,524 |
2,570,410 |
4,020,025 |
10 |
1924 |
3008 |
1,084 |
3,701,776 |
5,787,392 |
9,048,064 |
S |
10,378 |
19,244 |
- |
12,476,810 |
22,106,034 |
39,888,524 |
Rata-rata |
1,924 |
|
|
|
|
Sumber: Data Terolah,2021
1. Regresi Sederhana
Y = a + bX
𝑛𝑋𝑌 − 𝑋. 𝑌
𝑏 =
𝑛𝑋² − (X)2
(22,106,034) − (10,378)(19,244)
= 10
(12,476,810) − (10,378)2
221,060,40 − 19,714,232
=
124,768,100 − 1,310,12
21,346,108
=
17,065,216
= 1,2509
𝒂 =
𝒀 − 𝒃𝑿
𝒏
12,981,37
=
6.262,63
= 626,2628488
Dengan demikian
persamaan regresi yang di dapat adalah Y= 1,2509 – 626,2628488
2. Uji t
Menggunakan
t hitung
![]() |
=
=12,476,810 – 107702,884/10
=24.348.952.053 – 10770288,4
=1,706,522
![]() |
=39,888,524 – 370,331,536/10
=39,888,524 – 370,33153.6
![]() |
=2,855,370
=22,106,034 – 199,714,232/10
=22,106,034 – 19971423.2
= 2,134,611
b=
= 2,134,611
1,706,522
= 1,2509
4. KESIMPULAN
t tabel = a df (n-2)
|
|
0.1df (6-2)
2
= 0,05 df (4)
= 2.132
Berdasarkan
hasil penelitian dan pemabahasan, maka kesimpulan yang dapat dirumuskan adalah
Dari hasil olah data yang telah dilakukan dengan menggunakan teknis analisis
regresi sederhana, maka diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y =
626,2628488 + 1,2509 + x. Persamaan di atas menunjukkan bahwa pelanggan aktif
berpengaruh terhadap penjualan sepeda motor honda secara kredit pada PT. FIF
Pos Curup
Dalam rangka
untuk meningkatkan terlaksananya system order manajemen pada PT FIF maka
penulis menyarankan agar lebih sering di ada kan nya, pelatihan-pelatihan
kepada semua karyawan yg berpengaruh pada kelancaran order manajemen, sehingga
karyawan
benar-benar mengerti tentang
apa yang menjadi
tugas dan tanggung
jawab nya dan paham
bagaimana case flow proses order
manajemen, dan dapat meningkat kan service PT FIF kepada konsumen nya.
DAFTAR PUSTAKA
Afriansyah, B., Meriana, M., & Paddery, P. (2022). AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (STUDI KASUS DI KABUPATEN REJANG LEBONG). Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo, 8(2), 68-78.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:PT.Rineka Cipta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2010). Kamus besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka
Hongren T Charles. (2013). Akuntansi Biaya dengan penekanan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat
Hansen, Mowen. (2012). Management Accounting. Jakarta : Salemba Empat. Harahap, Syafri, Sofyan. (2010). Teori Akuntansi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Simamora, Henry. (2012). Akuntansi Bisnis Pengambilan Keputusan. Jakarta: Salemba Empat
Tjiptono, Fandy. (2010). Strategi Pemasaran, Yogyakarta : Andi
0 Komentar